Perkenalkan ini Ajo…

Perkenalkan ini Ajo...

Ajo Pratama atau yang sering disapa Ucok, kini bisa bekerja lagi di desanya. Sebelumnya ia mencari nafkah di Tangerang dengan berjualan. Sejak mengetahui di desanya terdapat lapangan pekerjaan sebagai petani di kebun wakaf produktif, diapun langsung pulang kampung yang berlokasi di Desa Curugciung, Cikeusik Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Ucok merupakan anak sulung dari 3 bersaudara. Ia mengaku ingin membantu perekonomian keluarganya dan ingin membantu adik-adiknya bersekolah. “Alhamdulillah di desa udah ada lagi pekerjaan, jadi saya balik lagi kesini. Mudah-mudahan saya bisa membantu kebutuhan keluarga dan bisa membantu biaya sekolah kedua adik saya. Saya mah cuma lulusan SMP, karena waktu itu gak punya biaya buat lanjut sekolah,” ungkap Ucok di sela-sela pekerjaannya menyiram tanaman lada hitam.

Ajo tak sendiri. Bersama petani lainnya, dengan tekun mereka bekerja di kebun wakaf produktif. Hadirnya Kebun Wakaf Produktif dapat menjadi salah satu jalan bagi masyarakat Desa Cikadongdong dalam mencari nafkah.

Sulitnya mencari pekerjaan bukanlah satu-satunya permasalah di Desa Curugciung. Tingkat pendidikan di sana pun sangat rendah. Banyak dari mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah, bahkan ada yang sama sekali tidak mengenyam bangku pendidikan. Selain tingkat pendidikan yang rendah, akses kesehatan pun terbatas. Apabila ada warga yang sakit parah, mereka harus menempuh jarak 3 jam pergi ke RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) di Pandeglang. Sedangkan untuk mendapat fasilitas rumah sakit lengkap, warga harus menempuh 5 jam menuju Serang.

Melihat problematika tersebut, penggunaan dana wakaf produktif yang tepat dapat menjadi solusi. Bayangkan bila nanti Ajo dan rekan-rekannya memanen tanaman kelapa dan lada hitam untuk kemudian dijual, maka keuntungannya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan baik produktif maupun sosial. Bukan tidak mungkin dari keuntungan wakaf produktif, kita bisa membangun fasilitas kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat di sekitar kebun wakaf produktif.

Apakah manfaatnya hanya terasa untuk masyarakat sekitar kebun wakaf produktif? Tentu saja tidak. Hasil keuntungan dari kebun wakaf dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalah sosial yang terjadi dimana saja.

Itulah esensi dari wakaf. Terus tumbuh dan abadi, untuk memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Jadi, sudah wakaf hari ini?

DONASI WAKAF