Indonesia bisa Punya Duplikat Al Azhar Mesir

Indonesia bisa Punya Duplikat Al Azhar Mesir

Desi senang sekali karena sekarang dia dan teman-teman sekelasnya dapat belajar dengan nyaman tanpa rasa khawatir. Maklum, dulu kala datang hujan besar, atap kelas mereka kerap bocor, hingga kemudian menyebabkan madrasah mereka roboh.

Meski dengan kondisi memprihatinkan, tak menyurutkan niat Desi dan teman-temannya untuk mempelajari Al Quran di Madrasah Al Hidayah Kecamatan Talegong Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Agak mempertaruhkan nyawa memang. Namun para santri cilik itu tetap bersemangat untuk belajar.

Namun sejak Juli 2018, alhamdulillah Madrasah tempat belajar Desi dan teman-temannya kembali dibangun. Rupanya ada banyak muwakif yang bersimpati dan akhirnya menyerahkan wakaf tunai untuk membangun Madrasah Al Hidayah. Tak perlu menunggu lama, setelah dana wakaf yang terkumpul, renovasi madrasah pun akhirnya segera dilakukan.

Madrasah Al Hidayah merupakan satu dari sekian banyak contoh pemanfaatan dana wakaf di bidang pendidikan. Dan tentunya pemanfaatan dana wakaf di bidang pendidikan ini bukanlah hal baru.

Seperti kita ketahui bersama bahwa salah satu implementasi dana wakaf di bidang pendidikan yang amat tersohor adalah Universitas Al Azhar Mesir. Kampus yang berdiri pada 970M itu mampu memberikan pendidikan gratis kepada banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Itu meliputi tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.Dan dengan harta wakaf itulah, Al Azhar dapat terus berkembang menjadi salah satu lembaga pendidikan terbaik di dunia, mempunyai banyak rumah sakit, memberi modal usaha, mengirimkan dai dan dosen ke seluruh dunia, dan menerbitkan koran mingguan Shout Al-Azhar.

Melihat hal tersebut, kami meyakini bahwa dengan dana wakaf, Indonesia bisa punya lembaga pendidikan seperti Al Azhar Mesir. Sebuah fasilitas pendidikan tinggi berkualitas yang membebaskan para siswanya dari biaya. Bayangkan saja bagaimana para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu akhirnya bisa melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi yang berkualitas secara gratis di Indonesia.

InsyaAllah hal tersebut dapat menjadi salah satu solusi permasalah sosial di Indonesia. Dan kita dapat mewujudkan sarana pendidikan terbaik Indonesia bersama-sama dengan wakaf. Jadi, sudah wakaf hari ini?

DONASI WAKAF