Apakah peran wakaf untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas?

Wakaf memiliki potensi yang sangat besar untuk kemajuan sebuah bangsa. Dalam hal ini wakaf bisa disalurkan dalam berbagai sektor penting, salah satunya wakaf untuk pendidikan. Selama ini kita sering mendengar wakaf produktif, yaitu wakaf harta yang digunakan untuk kepentingan di berbagai sektor, dalam konteks ini adalah sektor pendidikan. Manfaatnya tidak diperoleh secara langsung, tapi berasal dari keuntungan bersih hasil pengelolaan dan pengembangan wakaf. Hasil keuntungan bersih kemudian disalurkan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan tujuan wakaf.

Untuk menunjang operasional sekolah sebaiknya membangun lembaga pendidikan sekaligus aset wakaf produktif. Aset tersebut dikembangkan secara profesional sehingga menghasilkan profit untuk biaya operasional sekolah. Dengan ini semakin besar keuntungan dari wakaf produktif, semakin banyak pula murid-murid tidak mampu yang bisa mengecap bangku sekolah. Bila dana wakaf dikelola secara proporsional, biaya pendidikan menjadi lebih rendah dan juga sekolah tidak perlu pusing untuk pemenuhan operasional.

Di Indonesia sendiri skema wakaf produktif sebagai motor pendidikan sudah dicontohkan oleh Ponpes Darussalam Gontor. Dari berbagai lini bisnis yang dimiliki, Gontor mampu memenuhi kebutuhan pesantren secara mandiri sekaligus mensejahterakan guru-guru yang mengabdi di dalamnya.

Nantikan selalu update terbaru dari kami hanya di sini ya.

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf

DONASI WAKAF