Apa saja kendala pengembangan wakaf di Indonesia?

kendala wakafTulisan Tata Fathurrohman berjudul Peluang Wakaf Produktif untuk Pembiayaan Pendidikan Islam di Jurnal Al Awqaf Vol 6 No 1 Januari 2013 mengungkap beberapa fakta kendala pengembangan wakaf di Indonesia. Terdapat 6 poin yang menurutnya adalah kendala wakaf yang harus diatasi, antara lain:

1. Sebagian wakif perorangan menyerahkan harta benda wakaf kepada nazhir tanpa melihat kemampuan nazhir mengelola wakaf. Tanpa adanya kemampuan yang mumpuni akan sulit mengembangkan harta wakaf menjadi aset produktif.

2. Kebanyakan masyarakat Indonesia belum memahami wakaf menurut peraturan perundang-undangan di Indonesia.

3. Sebagian nazhir perorangan hanya mengelola wakaf sebagai pekerjaan sambilan sehingga hasilnya tidak optimal.

4. Fungsi Kementerian Agama belum berjalan optimal dalam mengelola dan memberikan penyuluhan tentang perwakafan di tanah air.

5. Informasi mengenai wakaf belum maksimum dibahas secara mendalam oleh para ulama ketika mengisi khutbah baik di masjid, tv, radio, dll. Kebanyakan pembahasan lebih ke ibadah mahdah, muamalah, selain wakaf dan akhlak. Akibatnya minim masyarakat yang mengetahui keutamaan amalan wakaf.

6. Kondisi tanah wakaf di Indonesia kurang strategis sehingga penggarapannya tidak optimal.

Apabila kendala-kendala tersebut dapat teratasi maka wakaf bisa menjadi salah satu instrumen mendukung kebijakan pemerintah di segala lini bangsa.

Nantikan selalu update terbaru dari kami hanya di sini.

@gelombangwakaf.id gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf

DONASI WAKAF